Bahaya! Ini Dia Penyakit Paling Mematikan di Dunia

Vermeyoz – Ketika membicarakan tentang penyakit mematikan, hal ini tentunya akan membuat Anda khawatir dan waspada. Hal itu sangat wajar karena setiap orang menginginkan memiliki tubuh yang sehat. Nah, di bawah ini akan disajikan beberapa jenis penyakit paling mematikan di dunia yang harus Anda tahu.

penyakit paling mematikan

1. Jantung Koroner

Jantung koroner menjadi penyakit paling mematikan di dunia. penyakit ini menyebabkan 8,8 juta kematian berdasarkan data tahun 2015. Berdasarkan data dari centers for Disease Control and Prevention, setiap tahunnya terdapat 370 ribu orang meninggal karena penyakit ini.

Adapun jantung koroner sendiri terjadi karena adanya penutupan atau penyempitan pembuluh darah koroner. Dengan demikian aliran darah bersih yang akan menuju ke jantung menjadi terganggu sehingga menyebabkan serangan jantung.

2. Stroke

Selain jantung koroner, penyakit mematikan di dunia berikutnya adalah stroke. Di tahun 2015, 6,2 juta masyarakat di dunia meninggal karena stroke. Stroke sendiri merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena terjadi penutupan atau kebocoran pada pembuluh arteri di bagian otak. Tidak hanya mematikan, namun penyakit ini juga mengakibatkan kecacatan jangka panjang.

3. Infeksi Saluran Pernapasan Bawah

Penyakit berikutnya yang juga mematikan adalah infeksi saluran pernapasan bawah. Ini adalah jenis penyakit yang menyerang paru-paru, trakea, pembuluh pulmonalis, bronkus, dan juga diafragma.

Jenis penyakit ini akan jauh lebih parah dibandingkan dengan penyakit pada pernapasan atas. Berdasarkan data Who terdapat 5,7 juta kematian akibat penyakit ini di tahun 2015. Jenis penyakit ini bisa berupa bronkitis, pneumonia, tuberkulosis dan juga influenza.

4. Penyakit Paru Obstructive Kronis (PPOK)

PPOK menjadi salah satu jenis penyakit paru-paru yang terjadi untuk jangka waktu yang lama. Penyakit ini bisa mengakibatkan penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas. Gejala yang muncul akibat penyakit ini adalah batuk yang berkepanjangan dengan produksi lendir yang berlebihan serta adanya infeksi pernapasan.

Adapun penyakit ini sendiri mengakibatkan kematian sebanyak 5,6 persen di dunia. Hal ini setara dengan 3,1 juta orang yang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya.

Masih ada banyak lagi penyakit paling mematikan di dunia. Sebagai manusia hanya bisa berusaha agar tidak terkena penyakit ini. Salah satu caranya yang paling ampuh adalah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close