Pahami 4 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Vermeyoz – AC merupakan salah satu komponen mobil yang penting. Adanya AC membuat sirkulasi udara di dalam mobil terasa sejuk dan tidak lembab. Namun, apa jadinya jika AC mobil tidak dingin? Pasti membuat gerah saat Anda berkendara. Selain itu juga bisa membahayakan saat hujan. Berikut ini penyebab AC tidak bekerja dan cara mengatasinya.

AC mobil tidak dingin

1. Kurang Freon

Penyebab pertama adalah kurangnya freon. Biasanya freon ada di dalam evaporator. Apabila AC tidak bisa dingin, berarti freon Anda habis. Anda bisa mengisi ulang jika AC Anda mulai tidak terasa dingin. Namun, apabila AC dalam mobil masih terasa tidak dingin setelah diisi freon, berarti ada masalah pada mobil Anda. Bisa jadi, komponen evaporator tersebut mengalami kerusakan atau kotor.

Jika masalah ini secara terus menerus terjadi, Anda bisa membawa ke bengkel. Bilang pada montir mengenai kendala, mengecek dan mengganti pada sambungan selang dengan yang baru serta membersihkannya. Apabila masih tidak dingin, saatnya mengganti kondensor dan kompresor di dalam mobil Anda.

Hal ini bisa disebabkan beberapa hal. Misalnya adanya sambungan selang yang sudah rusak, kondensor yang korosi, selang yang sudah tua atau lapuk karena jarang dibersihkan, bahkan adanya keretakan pada kompresor.

2. Putusnya Fan Belt

Penyebab berikutnya bisa berasal dari putusnya fan belt. Fungsi dari alat ini adalah sebagai penghubung putaran mesin ke kompresor AC. Apabila sambungan ini putus, maka kompresor tidak bisa berputar meskipun dalam keadaan baik. Hal ini mengakibatkan kondensor dan freon tidak bisa bekerja secara maksimal.

Suhu yang dikeluarkan AC pun jadi tidak terasa dingin. Jadi, Anda bisa datang ke bengkel dan menggantinya dengan fan belt yang baru. Usia yang sudah lama, kualitas yang mulai menurun dan buruk menyebabkan alat ini cepat rusak, sehingga Anda patut menggantinya.

3. Suhu Mesin dan Kompresor Terlalu Panas

Anda bisa melihat indikator ini pada sebelah speedometer. Jika jarum menunjukkan di atas tanda normal cool, berarti Anda harus waspada. Jika dibiarkan, dapat berimbas ke freon dan mempengaruhi kualitas. Akibatnya, udara panas keluar dari AC Anda. Anda bisa mencegah hal ini terjadi dengan mengganti oli mesin, melakukan tune up mesin dan ganti spare part yang memicu overheating.

4. Kotornya Evaporator

Terlalu acuh terhadap pembersihan komponen AC juga menyebabkan udara dingin tidak keluar. Apabila evaporator yang berfungsi sebagai tempat freon dalam keadaan kotor, bisa dipastikan AC tidak bekerja bagus. Hawa panas akan Anda rasakan. Tidak hanya itu, bau lembab dan berbagai debu bisa ikut masuk di dalam mobil. Oleh karena itu, seringlah mencuci di bengkel.

Itulah beberapa penyebab dan solusi dari AC mobil tidak dingin. Ada baiknya, setahun sekali Anda mengecek semua komponen AC. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kualitas AC mobil Anda. Jangan pula menyepelekan ciri AC yang tidak dingin misalnya ada kotoran yang keluar dari dalam AC serta adanya bau yang menyengat. Bisa jadi, komponen AC sudah rusak.

Write a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close